Artikel Detail

Optimasi Timestamp Camera Enterprise untuk Kebutuhan Sekolah
17 May 2020

Optimasi Timestamp Camera Enterprise untuk Kebutuhan Sekolah

Menjaga keamanan dan kenyamanan warga sekolah selama PSBB merupakan prioritas utama sekolah. Oleh karena itu, dipasangnya aplikasi Timestamp Camera Enterprise free ini pada ponsel merupakan antisipasi agar seluruh warga sekolah tetap terlindung, selama tetap berada di dalam wilayah tempat tinggalnya. 

Bagaimana cara memasang/ meng-install nya di ponsel kita? Silahkan ikuti panduan berikut:

  1. Pertama, nyalakan GPS dan pastikan posisi di Maps, sesuai dengan tempat Anda berada sekarang. Biasanya saat baru dinyalakan, posisi Anda akan bergeser beberapa (ratus) meter dari posisi sebenarnya, mohon bersabar sementara GPS menentukan posisi Anda sebenarnya. Sambil menunggu proses ini, mari kita melanjutkan ke langkah kedua.
     
  2. Buka Play Store, dan ketik Timestamp Camera Enterprise free, dan tekan Enter. Atau bisa juga klik link ini. Setelah tampilan seperti gambar di bawah, tekan install.

     
  3. Tunggu proses penginstalan selesai. Setelah itu, klik ikon, untuk masuk ke aplikasi Timestamp

     
  4. Saat pertama kali aplikasi dijalankan, ia akan meminta izin kita untuk mengakses ponsel kita. Silahkan ketuk izinkan sebanyak 4 kali untuk memberikan izin akses: ke kamera, mikrofon, akses file media dan akses lokasi.
     

     
  5. Ini adalah tampilan awal Timestamp Camera. Bila diperhatikan, pada bagian kanan atas foto terdapat timestamp pengambilan foto. Mulai dari waktu, lokasi lintang dan bujur, serta alamat lokasi kita berada. Selanjutnya adalah membuat settingan Timestamp dengan mengetuk tombol menu yang ada di pojok kanan bawah tampilan, berbentuk seperti jam.
     

     
  6. Langkah berikutnya adalah menyesuaikan (1) tata letak timestamp, yaitu pojok kanan bawah atau Bottom Right. Selanjutnya, menyesuaikan (2) tanggal, yaitu format Rabu, 20 Mei 2020 22:32:54. Setelah itu, menyesuaikan (3) alamat. Lalu pilih sederetan alamat yang paling mendekati dengan posisi kita sekarang. Jika RT/RW tidak sesuai, maka cukup sampai nomor rumah saja. Pada contoh di atas alamat saya adalah 23B Jl. Marzuki 4, Penggilingan, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah khusus Ibukota Jakarta. Setelah alamat, kita akan menyesuaikan (4) koordinat. Dan terakhir, menyesuaikan (5) resolusi foto, pilih 1920 x 1080.
     

     
  7. Setelah langkah ke-6, lalu berikutnya menampilkan (1) peta dan (2) kompas, yaitu dengan menggeser tombol putih ke kanan pada Show map dan Show compass. Setelah itu, (3) atur waktu di atas timestamp, Time in above.  Kemudian atur (4) nama kita pada timestamp. Ketik nama kita pada kota paling bawah, dengan format Nama Lengkap / NRK/NIKKI / SMAN 106, lalu ketuk (5) Save, dan OK untuk menutup menu Timestamp. Eits, tapi tunggu dulu! jangan tekan tombol OK. Kita akan menuju ke pengaturan berikutnya, yaitu Advanced.
     

     
  8. Menu Advanced, berisi pengaturan tingkat lanjut. Di menu ini kita akan mengganti format file yang akan dibuat.
       

     
  9. Setelah menu Advanced terbuka, gulung layar sampai ke tampilan paling bawah Show options menu.
     

     
  10. Pada menu ini, ketuk pada baris kelima File name format.
     

     
  11. Gulung ke bawah pada tampilan berikut, sampai pada opsi Nama_tanggal_waktu. Pada gambar yang diberi kota merah tertulis: M.-Amin-Supriyono--187148--SMAN-106_20200520_231650. Yang artinya Nama kita yang tadi dibuat pada menu sebelumnya. 187148 adalah NRK, lalu 20200520 artinya adalah tahun 2020 bulan 05 tanggal 17, dan 231650 artinya pukul 23 lewat 16 menit dan 50 detik. Pengaturan ini bertujuan agar saat pengumpulan file gambar, tinggal mengurutkan berdasarkan namanya. Setelah pengaturan selesai tekan tombol back pada menu ponsel Anda.
     

     
  12. Proses selesai. Tinggal Anda mengambil swafoto dengan aplikasi ini pada pagi dan sore hari mulai tanggal 21 sampai dengan 26 Mei 2020, dengan terlebih dahulu mengisi form Absensi PSBBatau klik menu Absensi PSBB pada laman muka SMAN 106 Jakarta, paling lambat pukul 07.45 WIB.

Oleh :

Administrator

Komentar